Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia dirayakan setiap 5 Oktober hanya berbeda 3 hari dengan Hari Batik Nasional. Tahun ini, tema yang diambil berfokus terhadap pemulihan pendidikan. Tanggal 5 Oktober 2021 menjadi peringatan Hari Guru Sedunia 2021 yang memiliki tujuan untuk mengapresiasi sekaligus bantuan kepada seluruh guru yang berada di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Hari Guru Sedunia

Peran guru sangat penting, berkat kesabaran dan kegigihannya, guru selalu edukatif dan menjadikan sosok muridnya menjadi lebih baik dan bermanfaat. Dikutip dari website Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO), momen ini memperingati tahun Rekomendasi Organisasi Buruh Internasional (ILO)/UNESCO tahun 1966 berkenaan Status Guru.

Rekomendasi berikut memastikan tolak ukur dengan hak dan tanggung jawab guru, dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan situasi belajar-mengajar. Dalam hal ini, diselenggarakan serangkaian acara global dan regional selama lima hari. Rangkaian acara global ini bakal menyatakan pengaruh pandemi terhadap profesi guru serta menjelaskan keuntungan dari bermain di Daftar Situs Judi Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan 2021.

Hal ini memiliki tujuan untuk memastikan langkah-langkah yang mesti diambil demi menegaskan bahwa tenaga pengajar mengembangkan kapabilitas dan potensi mereka seluruhnya. Tahun ini, perayaan Hari Guru Sedunia bakal berjalan sesuai dengan pertemuan Komite Ahli Gabungan ILO-UNESCO berkenaan Penerapan Rekomendasi berkenaan Tenaga Pengajar (CEART) yang bakal berjalan dari 4 sampai 8 Oktober 2021.

Hari Guru Nasional di Indonesia

Sedangkan di Indonesia Penetapan Hari Guru Indonesia tersedia di Keppres nomer 78 tahun 1994 berkenaan Hari Guru Nasional. Tanggal 25 November diperingati sebagai hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan sebagai upaya untuk mewujudkan penghormatan kepada guru. Dilansir dari website resmi PGRI, PGRI sebagai organisasi profesi yang independent konsisten bergerak, mengabdi, dan memperbarui diri supaya selalu adaptif dan responsif terhadap pergantian terlebih di dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Hari Guru Nasional

Pertama didirikan tanggal 25 November 1945 PGRI sebagai organisasi paduan dari puluhan organisasi guru yang berbeda-beda di seluruh Indonesia. Maka dari itu, perayaan Hari Guru Nasional yang ditetapkan tanggal 25 November merupakan salah satu kesempatan penduduk untuk memperingati ulang tahun PGRI serta untuk menjunjung perjuangan para guru di seluruh Indonesia. Hari Guru Nasional juga memiliki tujuan untuk mengapresiasi peran mutlak guru sebagai manusia pengubah yang berkarakter kreatif, inovatif, dan berdedikasi.

Setelah paham tentang Hari Guru di Indonesia dan Hari Guru Sedunia, sanggup disimpulkan bahwa keduanya berbeda. Dilihat dari obyek diperingatinya, Hari Guru Nasional memiliki tujuan untuk memperingati ulang tahun PGRI sebagai wujud penghormatan kepada guru seluruh Indonesia. Sedangkan, Hari Guru Sedunia memiliki tujuan untuk memperingati hari penandatanganan Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 berkenaan Status Guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *